Makasar, Surga Kuliner ヽ(*´∀`)ノヾ(´^ω^)ノ♪



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ


Kali ini gw mau cerita pengalaman gw selama training ke Makassar, Sulawesi Selatan.
For your information, gw gini-gini masi dikatagorikan engineer #asek

Yaah.. meskipun gw lebih sering reporting, monitoring aja sii.. Eksekusi sama troubleshooting juga pernah cuman jarang (Ya iyalah.. Lah wong, kerja nya ngalong.. tengah malem baru boleh mulai.. Ogah gw.. bisa tambah abis badan gw)

Oke lanjut, singkat cerita.. Ada training wajib gitu tentang perangkat di Makasar.. Selama bertahun-tahun gw kerja, pasti gw punya sejuta alasan buat menghindar kalo disuruh ke regional.. Entah kenapa skrg alasan gw udah ga ada lagi.. (baiklah..)

Rabu, gw dikasi tau ke Makasar, Minggu gw cuss berangkat berdua sama satu-satunya temen cewek di divisi gw ke Makasar..




Kesan gw begitu sampai di Makasar adalah.... Paaannnaaasssnyaaaaaa...

Gw nginep di hotel kantor gitu di daerah Pettarani.. Alhamdulillah, dalam kamar AC nya berasa.. soalnya di luar beeehhh... bisa meleleh gw #lebay

Makan malam pertama gw di Makasar, niatnya pengen nyari sesuatu yang khas Makasar.. Tapi, karna baru nyampe bgt dan belum banyak ngobrol sama orang-orang disini akhirnya kita makan di warung pecel di sebrang hotel..

As usual, kalo ke tempat pecel gw pasti milih pecel lele.. yaah.. kali ini gw pesen pecel lele..
And, guess what.. begitu pesenan gw dateng.. gw sampe istighfar..
Itu ikan lele gede bener...
Si abang nya malah dengan santai bilang "Gpp mba,, Biar mantep.."


Dan,,, Habis looh tuh lele gw makan hahahaa.. Meskipun, endingnya gw minta bantuan 2 ekor kucing buat ngabisin kepala dan sisa dagingnya hehehee.. (gpp lah.. yg penting kan habis). Harga pecel lele disini mahal (yaiyalah,, gede bener) 1 porsi pecel lele + nasi + sayur sop harganya Rp 28.000,- sedangkan untuk pecel ayam + nasi + sayur sop harganya Rp 18.000,- (jauuh yaaa.. bedanya -__-")

Senin pun tiba, our first day training begin..
Dan tetep, gw harus tetap kerja selama training... yaah... curi-curi kesempatan buat kerja laah.. (bisa diatur)

Kayaknya thread kali ini gw bakal banyak posting tentang makanan dan kuliner di Makasar deh hahaha..
Makan siang gw ga mau terjebak #asek gw ngikut aja temen-temen gw mau pada makan dimana..
Jadi ada rumah makan gitu deket hotel gw (yang bakal sering gw datengin) dan harganya yaah... lumayan murah deh.. Nama rumah makannya.. 



Rumah Makan Cendana

Menunya tuh paket-paketan gitu dari Paket 1 sampe 5 kalo ga salah.. 1 Paket harganya Rp 25.000 udah sama minum (bisa milih mau minum air mineral atau teh botol)
Ini beberapa menu yang udah gw coba dan gw rekomendasiin kalo lu misalnya mau makan disana..


Gw lupa ini Paket berapa, pokoknya isinya tuh nasi sama ayam rica-rica, telor asin dan sup ayam..
Rasanyaaa.. beeeh... enaaak pisaan... (oiaa.. lagi puasa yak hahaa.. gpp lah.. biar imannya kuat, jangan suka manjain imanlah.. bahas makanan aja ciut #apalah #eeeaaa)


Kalo yang ini katanya paket rekomen banget disana, Nasi Goreng Merah... Sebenarnya, telornya di ceplok setengah mateng gitu.. Tapi, berhubung gw ga gitu suka, jadi gw minta di dadar aja deh telornya.. Tapi, tetep rasanyaa... Maknyuuusss.. Pake sambel yaah biar tambah maknyuss...


Paket terakhir yang gw rekomen dari rumah makan ini adalah yang ini.. Nasi sama ikan fillet dikasi sambel khas Makasar, telor asin dan sup ayam.. Sambel nya tuh endes bgt.. Ada asam, pedes, manis nya gitu.. trus ditambah sup ayam yang gurih jadi tambah endes..
Eniwei, sebenarnya untuk sayurnya bisa milih antara sup ayam sama cah kangkung.. Tapi, kalo gw lebih prefer ke sup ayam.. Soalnya rasa sup nya enyaaak enyaaak enyaaak..



Mie Titi Panakukkang

Karena penasaran sama mie titi, jadi gw sama temen gw cuss deh ke tempat mie titi panakukkang (karna yg paling deket di sana). Kita kesana naik bentor (becak motor). FYI yaah.. kalo mau naik bentor jangan asal naik, nego harga dulu, kalo ga ntar malah dimahalin..


Sengaja gw pesen mie titi yang original, supaya ngerasain rasa aslinya mie titi itu kayak gimana.. Dan, ternyataaa... ga cocok sama lidah gw.. Ga tau yah.. cuman aneh aja rasanya (menurut gw, tapi temen gw si biasa aja.. dia malah abis) Jadi tuh rasanya, ada asem, asin, manis, kriuk pokoknya nyampur-nyampur deh tapi ga cocok bgt sama lidah gw.. Ini menurut gw pribadi aja yah.. bukan berarti gw bilang kalo mie titi itu ga rekomen.. cuman ga cocok aja sama lidah gw..


Dan harga satu porsi mie titi itu sekitar Rp 39.000 ditambah es teh manis nya Rp 7.000 an.. So, rasa penasaran gw nyobain mie titi telah terobati, meskipun hasilnya agak anti klimaks.



Konro Bakar Karebosi

Kalo ke Makasar ga nyobain konro bakar karebosi kayaknya ada yang kurang yah.. Naah,, untung temen-temen gw kooperatif dan mau nganter ke TKP nya..
Soalnya jarak ke TKP dari tempat training lumayan cuy..


Gw pesen Konro Bakar Karebosi yang katanya enak bgt.. Sampe orang mau nambah banyak kalo ga inget kolesterol sama tagihan hahhaaa..
Dan, emang bener.. rasanyaa mantaaap bgt.. gw kira dagingnya alot trus bumbu kacangnya rasanya gimana (soalnya gw ga gitu suka bumbu kacang) ternyata engga kok.. Rasanya enak, nikmat, mantaap..


Oia, untuk gambar konro karebosi ini sory.. gw ambil dari internet.. heheehee.. berhubung perut sudah lapar menanti si konro tiba jadi kita langsung hap... hap.. hap.. deh... soalnya mungkin karna rame yah.. jadi pelayanannya rada lama...
Harga satu porsi Konro bakar karebosi Rp 59.000 dan es teh manis nya Rp 7.000 (lupa kalo ga salah sii segitu)



Coto Makassar Abdesir

Next... Kita nyobain Coto Makasar.. Penampakannya mirip bgt sama soto daging atau soto betawi.. Sebenarnya ada beberapa macam kuahnya, ada yang mirip rawon agak pekat gitu sama yang mirip soto lebih bening.. Makannya juga beda.. kita dikasi satu mangkok coto kecil, nanti di samping kanan kiri ada ketupat sama kacang goreng.. terseraah selera deh mau ngambil berapa..


Gw makan Coto Makasar di Jalan Abdesir deket sama Graha Pettarani.. rame bgt disini.. enak sii coto nya.. Harga nya juga murah.. Satu porsi coto harganya Rp 15.000, ketupat 1 nya Rp 1.000, kacang tanah goreng Rp 2.000. Kalo makan coto ini, saran gw pake kacang lebih maknyuusss...



Rumah Makan Ayam Goreng Sulawesi

Lanjuut.. Perjalanan wisata kuliner kita di Makasar...
Gw diajak sama temen-temen gw ke rumah makan Ayam Sulawesi gitu deh.. Di sini kita pesan banyak buat barengan.. Ada ayam bakar, ikan bakar, cah kangkung, dan lain-lainnya..



Makanan disini rekomen bgt.. enaaak... ayam bakarnya berasa sampe ke tulang.. sambel ikannya juga enak.. cah kangkung nya juga enak... enak semua deh pokoknya hahaha.. 



Panbaker's Pettarani

Oke next.. gw makan di cafe gitu deh namanya Panbaker's di Pettarani.. Tempatnya cozy abis.. ala-ala mini bar gitu dan tentu ajaa.. makanannya enak-enak... Ada makanan khas Indonesia, Western, Japanesse, Italian.. Dan kalo weekend ada live performance gitu di dalamnya..




Daan.. Kali ini gw pesen Sate lilit khas Bali.. Rasanya enak.. lumayan lah.. cuman kurang asin dikit siii hehehe.. Tapi enaaak siiih.. Boleh laah dicoba kalo kemari.. 


Next.. Kita lanjut ke makanan laut di Makasar.. Makasar emang makanan lautnya yahud yahud..
Salah satunya yang kemarin gw coba adalah..



Pallumara


Hehehe.. itu gambarnya gw ambil dari internet hehe.. Kemarin gw nyoba Pallumara kepala kakap.. Rasanya enaak.. gw pikir ga akan pedes.. ternyata... pedes bgt.. tapi seger, asem dan gurihnya kakap menyatu menjadi satu kesatuan pallumara.. Daaaan.. ini rekomen bgt buat dicoba..

Dari tadi bahas makanan berat mulu yaaak.. Weitss... Ternyata Makasar ga hanya enak kuliner yang berat-berat nya aja.. Kuliner cemilan cepuluh cebelasnya juga ga kalah endes..
Gw juga nyoba beberapa kuliner "ringan" selama di Makasar.



Durian di Raja Durian, Sungai Saddang

Entah kapan terakhir kali gw makan durian.. udah saking lama nya ga makan durian gini.. Soalnya karna maag si, jadi gw cenderung menghindari durian..  Daan, disini bisa milih durian nya.. mau yang cilik-cilik tapi bisa dapat banyak atau yang gede sekalian biar puaasss... Tenang aja, mau yang cilik atau yang gede, semuanyaa manis dan enyaaak.. bikin pengen nambah lagi, lagi, lagi,,


Setelah puas belah-belah durian... Next cemilan yang akan dicoba adalah cemilan yang katanya udah terkenal bgt di Makasar yaitu, 



Otak - Otak Makassar


Again, itu gambarnya gw ambil dari internet hehehe.. lupa foto cuy.. Rasanya tuh beda sama otak-otak ikan tenggiri biasanya.. Dan kalo makan ditambah sambel nya itu rasanya jadi.. beeeehhh... Saadaaaap..



Pisang Ijo


Karna Makasar panas, enaknya kalo makan yang dingin-dingin.. Daaaan,,, Pisang Ijo emang cemilan khas Makasar.. Ini gw coba di Rumah Makan Muda Mudi di daerah Jl Rusa.. Rasanya beda sama pisang ijo di Jakarta, jadi lapisan ijo nya tuh lebih tebal dan bubur nya juga beda rasanya.. Ga mirip kayak bubur sumsum (kalo di Jakarta kan pake bubur sumsum) trus kuahnya ga terlalu manis jadi enyaaak... Rekomen deh...



Pisang Epe dan Saraba


Di sepanjang jalan Pantai Losari tuh berjejer kios-kios yang menjual pisang epe dan saraba.. Dan pilihan gw jatuh pada kios yang ada di depan masjid sebrang Pantai Losari.
Itu Pisang epe rasa keju coklat, rasanya manis bgt.. Yang rasa original apalagi, maniis nya sampe bikin giyung.. Saran yah.. kalo mau beli, beli yang rasa keju atau milo keju aja.. rasanya lebih enaak dibanding sama yang original atau keju coklat.

Untuk Saraba, Saraba itu kayak semacam bir pletok kali yah.. Jadi rasanya anget banget di badan.. Ada rasa jahe yang kentel banget kerasa.. enak kalo diminum pas cuaca lagi dingin atau lagi begadang malem-malem.. Itu saraba meskipun udah ga anget rasanya tetep bisa buat anget looh...
Te oo pee deh..


Okay.. Segini dulu cerita tentang wisata kuliner gw selama di Makasar... And, guess what... selama 13 hari gw di Makasar berat gw naik 5 kg.. manteep ga tuh.. yaiyalah.. kerjaannya gw makan mulu.. hahaha... Tapi, kayaknya si sekarang gw udah balik lagi ke berat badan normal gw (ga usah tanya berapa, bikin sakit hati)

Semoga bisa bermanfaat, kalo lu pada mau ke Makassar dan pengen nyoba makanan yang udah gw bahas #eeaaa..

Makassar emang dah.. Surganyaaa kulineer..... ヽ(*´∀`)ノヾ(´^ω^)ノ♪





Onaanaaaaa....




Hanyaakudanduniaku.blogspot.com
@cindhi.nouvie



0 komentar:

Posting Komentar

@cindhinouvie | 2009. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / A Whole My World

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger