A Little Thing About "Kill Me, Heal Me"





بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ


Kayaknya udah lumayan lama yah gw ga posting tentang sinopsis film atau drama..
Ok, yuuk cuss.. kita mulai aja sedikit bahas sinopsis film/drama nya...

Kali ini gw mau bahas tentang drama Korea yang udah lumayan lama sii tayangnya, sekitar tahun 2014 dan menurut gw drama nya kece..


Judulnya :


Kill Me, Heal Me


Drama ini bercerita tentang seorang generasi ketiga keluaga yang kaya banget bernama Cha Do Hyun (Ji Sung) tapi ternyata mempunyai masalah kejiwaan, multiple personality disorder..
Cha do hyun memiliki 6 kepribadian dalam dirinya (Cha do hyun / Shin Se Gi / Ferry Park / Ahn Yo Sub / Ahn Yo Na / Nana / Mysterious X). Dan selama ini hanya seorang pengurusnya lah yang tau masalah ini..

Akhirnya, dia bertemu dengan seorang psikiater bernama Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum) yang ternyata bisa mengeluarkan semua kepribadian Cha do hyun dan ingin membantu menyembuhkan kejiwaan Cha do hyun..

Actingnya om Ji Sung kece badai.. Bisa meranin semua kepribadian yang karakternya beda-beda...





Nonton drama ini gw jadi inget pernah baca novel yang serupa tentang kepribadian ganda juga.. Judulnya 24 Wajah Billy..
Novel based on true story ini menceritakan tentang seorang laki-laki bernama Willian Stanley Milligan (Billy Milligan) yang memiliki 24 macam kepribadian dalam dirinya dan dia berjuang untuk bisa meraih kebebasan hidupnya.


Sebenarnya ada satu lagi kasus tentang kepribadian ganda yang dijadikan novel juga yaitu, Shirley Ardell Mason.


Nonton Sybil menceritakan tentang seorang gadis dengan kepribadian yang terpisah sampai terdapat 16 kepribadian dalam satu tubuh.

16 pribadi itu diketahui adalah : Clara, Helen, Marcia, Mariore Mary, Mike (laki-laki), Nancy Lou, Ann Baidwin, Peggy Ann Baidwin, Peggy Lou Baidwin, Ruthie, Sid (laki-laki), Sybil Ann, Sybil Isabel Dorsett, Vanessa Gaile, Victoria Antoniette Shcarleu (Vicky) dan kepribadian terakhir tidak diketahui namanya.

Sedikit out of topic dulu yah..


Jujur, gw agak tertarik masalah kepribadian ganda ini.. Karna, menurut gw yah.. agak amazing gitu, dalam diri satu orang bisa ada lebih dari datu kepribadian dan biasanya kepribadiannya tuh bertolak belakang dengan kepribadian aslinya..

Alhasil, gw googling tentang masalah ini dan ada sedikit pembahasan tentang kepribadian ganda yang gw temuin disini

Multiple Personality Disorder atau Dissociative Identity Disorder (DID) atau Alter Ego yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan kepribadian ganda merupakan suatu keadaan dimana kepribadian individu terpecah sehingga muncul kepribadian yang lain.
Kepribadian itu biasanya merupakan ekspresi dari kepribadian utama yang muncul karena pribadi utama tidak dapat mewujudkan hal yang ingin dilakukannya.

Dalam bahasa yang lebih sederhana dapat dikatakan bahwa ada satu orang yang memiliki kepribadian lebih dari satu atau memiliki dia kepribadian sekaligus.
Kadang si penderita tidak tahu bahwa ia memiliki kepribadian ganda, dua pribadi yang ada dalam satu tubuh ini juga tidak saling mengenal dan lebih parah lagi kadang-kadang dua pribadi ini saling bertolak belakang sifatnya

Dari ketiga cerita sebagai contoh di atas itu, penyebab mereka memiliki kepribadian ganda dimulai ketika masa kecil mereka mengalami traumatis..

Cha do hyun, memiliki trauma masa kecil yaitu dia menyaksikan teman kecilnya disiksa oleh ayahnya sendiri dan dia tidak bisa berbuat apa-apa.
Billy, saat masa kecilnya mengalami pelecehan seksual oleh ayah tirinya. Dan sedangkan Sybil, adalah seorang anak yang sering disiksa ibunya dengan tangah, juga terlalu mengawasi anak secara berlebihan sehingga si anak merasa tertekan.

Untuk kasus Sybil dan Billy semuanya ditangani oleh Dr. Wilbur seorang psikiater wanita yang merawat Sybil selama 11 tahun (1954-1965). Sedangkan berhubungan dengan Billy terjadi pada tahun 1979-1981.

Perpecahan kepribadian (split of personality) tidak selalu merupakan gejala schizophrenia yaitu gangguan mental atau sekelompok ganggauna yang ditandai oleh kekacauan dalam bentuk dan isi pikiran contohnya delusi (keyakinan yang tidak sesuai dengan kenyataan / keyakinan yang salah) dan halusinasi (merasa mendengar, mencium, mengecap, pdahal kenyataannya tidak ada apa-apa), dan tidak ada kontrol ego.

Dr. Wilbur membuktikan bahwa pada beberapa pasien yang dirawatnya, perpecahan kepribadian merupakan gejala histeria yang timbul sebagai reaksi terhadap lingkungan keluarga yang picik, serba picik, serba tidak memperbolehkan, ada unsur kekerasan, tidak memberi kesempatan untuk mencari jalan keluar dari setiap persoalan.
Sebagian besar penderita kepribadian ganda pernah mengalami trauma masa kecil dan sebagian bisa disembuhkan walaupun butuh waktu yang lama.

Untuk kasus Cha do hyun, Oh  Ri Jin selaku psikiater yang menanganinya justru yang menjadi pemicu munculnya alter ego yang lain. Alter ego yang belum pernah aktif menguasai tubuh Do hyun tiba-tiba muncul dan ada alter ego yang ingin menjadi dominan menguasai tubuh Do hyun.

Teori yang pada umumnya menyatakan biasanya pada saat pribadi yang satu aktif maka pribadi pasifnya akan serasa mengalami "blackout" dan tidak bisa mengontrol atau mengetahui apa yang dikerjakan oleh pribadi yang aktifnya selama dia pasif.

Ada teori yang lebih menarik menyatakan kalo sebenarnya identity dalam seorang penderita itu paralel dan aktif pada saat yang sama. Hanya saja pribadi yang lebih 'dominan' bisa mengontrol pribadi yang 'kurang dominan'. Lambat laun pribadi yang 'kurang dominan' itu akan semakin memudar kuasanya dan akhirnya hilang sama sekali sehingga diri seseorang itu akhirnya dikuasai oleh pribadi yang dominan tersebut.

Naaah... itu yang sebenarnya dilakukan oleh para psikiater tersebut.. Membuat pribadi asli pasiennya lah yang menjadi dominan dan bisa menguasai bahkan menghilangkan pribadi-pribadi yang lainnya. Daaan..ternyata, it's not that simple...
Dari yang gw baca dan gw tonton, butuh effort yang kuat dan niat yang sungguh-sungguh dari penderita untuk bisa jadi pribadi yang dominan.
Dan dukungan dari lingkungan juga berpengaruh untuk kesembuhan penderita.

Okay... Back to our synopsis again...

Cast of Kill Me, Heal Me






Cha Do Hyun (Ji Sung), seorang pewaris perusahaan ternama tapi memiliki Dissociative Identity Disorder (DID) atau kepribadian ganda. Tapi karna status sosialnya, tidak boleh ada satu orang pun yang tahu masalah kejiwaannya. Sehingga, dia berusaha sendiri untuk sembuh tanpa bantuan keluarganya.






Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum), menjalani tahun pertama sebagai dokter psikiater yang mencoba untuk selalu tampil sempurna demi menutupi kepribadiannya yang sesungguhnya. Walau sering terlihat elegan dan sopan, dia sesungguhnya sangat berantakan, makannya banyak dan bermimpi untuk menjadi pegulat pro. Secara rahasia mengobati Do hyun dan kemudian jatuh cinta pada kepribadiannya. Sebenarmya, alasan lain Oh Ri Jin bisa mengobati Do hyun adalah karna ada sesuatu di masa lalu Ri Jin yang bisa membuat alter ego Do hyun muncul semua. Sehingga, dia bisa berbicara dengan alter ego tersebut.

 

Oh Ri On (Park Seo Joon),  kakak kembar (tapi palsu) Oh Ri Jin yang sangat menyukai cerita-cerita misteri. Seorang novelis yang tidak mau identitas aslinya terbongkar ke public sehingga seolah bertindak seperti penggangguran.




Cha Ki Joon (Oh Min Seok), adalah sepupu Do hyun yang menjalankan perusahaan hiburan. Ki joon dan Do hyun adalah rival. Mereka berdua bersaing untuk mewarisi perusahan keluarga.

Intinya, entah kenapa yah.. Korea bisa membuat suatu film dengan ide-ide yang ga biasa tapi tetap terarah dan tetap berada pada benang merah yang sama (boleh dicontoh ni sama Indonesia). 
Dalam film ini ada beberapa hal yang bisa diambil :

>> Jangan menyiksa/melukai/membiarkan anak-anak mengalami trauma yang berat karna tindakan orang tua nya atau pun orang lain. Karena ingatan anak-anak masih sangat tajam, sehingga perbuatan tersebut apalagi jika dilakukan berulang-ulang akan sangat membekas dalam memori anak-anak dan bisa menjadi masalah kejiwaan pada anak tersebut di masa depannnya.

>> Keluarga memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu kesembuhan seorang penderita DID, Terimalah apapun kondisi anggota keluarga mu, genggam dia, semangati dia, bantu dia untuk bisa sembuh.

>> Harta dan kekuasaan itu tidak sebanding dengan kebahagiaan memiliki keluarga yang hangat dan nyaman.


That's it..
Whoaaaa.... Ternyata seru juga ngebahas tentang drama ini, meskipun agak melipir ke kepribadian ganda dulu sebentar..
Okay, please enjoy my thread.


hanyaakudanduniaku.blogspot.com
@cindhi.nouvie




0 komentar:

Posting Komentar

@cindhinouvie | 2009. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / A Whole My World

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger