Kamis, 28 Februari 2013

Cara membuat File MapInfo dari File Excel

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Udah lama ni ga ngisi blog tentang telekomunikasi..
Sekarang mau sedikit share nii tentang gimana caranya mengkonversi file excel (*.xls/*.xlsx) menjadi map info (*.tab)

MapInfo?? Mungkin untuk para engineer udh ga asing lagi sama software yang satu ini..
Software yang bisa mengubah data di excel menjadi sebuah map/peta..


MapInfo yang dipakai adalah MapInfo Professional 10.5 tapi cara ini juga bisa dipakai MapInfo dengan version yang lain.
Perbedaannya itu, kalau di MapInfo 10.5 bisa langsung mengkonversi dari file excel (*.xlsx) kalau menggunakan version di bawah 10.5 file di excel terlebih dahulu di copas ke notepad dan disave dengan format (*.txt)

Okeehh... Langkah pertama, siapkan file yang akan diubah ke dalam MapInfo.. Buka MapInfo Professional..
Open File yang telah dibuat sebelumnya di excel. Seperti yang udah aku bilang sebelumnya, untuk Map info 10.5 bisa membuka file dengan extensi .xls. Namun, hasil map infonya tidak dapat di buka pada Map Info 8.5. Untuk lebih amannya, copas hasil engineering parameter yang telah dibuat ke notepad, lalu save notepad tersebut.

Pilih filename sesuai dengan filename notepad yg sudah tersimpan sebelumnya. Lalu pilih files of type Delimited ASCII (*.txt), lalu pilih Preferred view Current Mapper. Kemudian klik open. Lalu akan muncul dialog, centang Use First Line for Column Titles.



Lalu Pilih Table -> Create Points. Lalu akan muncul dialog seperti ini..


Klik Using Symbol, pilih yang bulat, wrnanya sesuai dengan keinginan, OK. Lalu Get X Coordinate from column : Pilih Longitude, Get Y Coordinates from Column : Pilih Latitude. Lalu klik Projection, Pilih Longitude / Latitude (WGS 84) lalu klik OK.



Kalau udah semua klik OK. Kemudian Klik Tools -> Run Map Info Basic Program. Pergi ke tempat MapInfo diinstal (misalnya kalo w C:\Program Files\MapInfo\Professional\Tools) Pilih Sitesee (kalo belum punya, bisa didownload disini)

Kemudian Pilih Table -> WFI Sitesee -> Create Site Boundaries. Lalu akan muncul dialog Sitesee Isi bagian Required Site Information Fields.
Latitude : pilih Latidude
Longitude : pilih Longitude
Radius (panjang antenna tiap sector) : pilih Radius klik in km
Beamwidth (besar lengkungan sudut antenna tiap sector) : pilih Beamwidth
Orientation from column : pilih Azimuth
Lalu klik OK.(Liat gambar)


Lalu, biasanya loading agak lama. Nanti disuruh save, save dengan nama yang agak beda. Lalu Open smua file yg tadi udah dibuat (*.tab).. And tadaaa…. Voila.. Engineering Parameter versi Map Info (*.tab) jadi..


Itu masih sederhana banget, kalo mau dikasi label no site/diwarnain caranya..
Klik kanan pilih Layer Control lalu pilih file yang disave kedua, Pilih layer properties.. Nah, disini kmu bisa berekspresi (halah)..
Label Display buat nge warnain sectornya
Label Display buat nampilin nama site/site ID klik OK
Dan setelah diulik-ulik jadinya kayak gini.. (jeng jeng.. ) Tadaaa...



Gimana?? Ga susah kan make MapInfo..
Sebenernya masih banyak lagi yang lainnya.. Tapi karna w juga masi belajar, jadi nanti kalo ada ilmu lain w share lagi yaa..
Yg punya ilmu lebih lagi sok dishare dimari..


(hanyaakudaduniaku.blogspot.com)










0 komentar:

Poskan Komentar

Telkom A 08

Feedin' My HamHam, Please

Diberdayakan oleh Blogger.
 
;