Catatan Hati Seorang Busway Mania




Padahal udah 10 tahun lebih transjakarta beroperasi tapi tetap aja tidak memperbaiki mutu layanannya..

Belakangan ini malah mutu pelayanan transjakarta yang diharapkan menjadi contoh transportasi yang "layak" di jakarta semakin jauh dari ekspektasi..
Banyak banget faktor yang membuat pengguna transjakarta menjadi ga nyaman..
Dari segi pelayanan para petugasnya, petugas-petugas transjakarta terkesan kayak senior yang sedang mengospek anak baru (galak bener, padahal kita ini konsumen loh.. tapi ga ada baik2nya)
Kayaknya motto Tegur saya Jika (bla bla bla) saya mau berubah cuman sekedar hiasan di baju mereka aja..
Banyak tindakan asusila yang dilakukan para petugas ini..
Coba aja search di google petugas transjakarta.. yang muncul paling atas itu perbuatan tidak menyenangkan yang dilakukan para petugas..
Belum lagi sikap acuh mereka ketika ada orang yang menggendong anak (baik laki-laki atau perempuan) atau wanita hamil atau para lansia atau orang sakit..
Mungkin mereka mengharapkan ada penumpang yang masih memiliki empati dan memberikan tempat duduknya 
(yaaelah.. hari gini mana ada yang mau, org2 udah pada individualis smua.. disuruh berdiri aja kadang2 pura2 tidur atau sakit)

Emang sih ga adil kalo ya ngejudge semua petugas transjakarta kayak gitu semua..
Ada beberapa petugas yang emang care banget sama pengguna transjakarta..
Tapi kalo jumlah petugas yang don't care jauh lebih banyak yah mana keliatan petugas2 yang care...
Waduuh.. ini baru ngomongin petugas aja udah panjang banget gini.. hehe.. (maklumlah, gw ini pengguna setia transjakarta jadi banyak pengalaman di lapangan #aseek)

Trus belum lagi masalah armada yang sangat kurang..
Bayangin aja calon penumpang harus nunggu lama banget kadang ampe lebih dari satu jam ehh.. pas bis nya dateng penuh banget..
Sakitnya tuh di sini *nunjuk kaki

Perasaan gw pemerintah udah beli armada baru transjakarta ampe berapa ratus gitu..
Naah.. tuh bis pada kemana yak?
Bis segede dan sebanyak itu pada disimpen dimana?
Ada lagi masalah kelayakan bis-bis transjakarta yang udah kemakan umur alias udah udzur..
Banyak banget bis yang udah ga layak.. mulai dari bis yang bocor ac nya ampe bocor atasnya (pas musim hujan berasa bgt bro) trus bis yang kursi-kursinya mulai 'teriak' pas didudukin, ada lagi yang lantainya mencuat kemana-mana..

Jadi sekarang mah naik transjakarta udah lebih mirip kayak naik kopaja atau metromini..
Yaaah.. ga heran kenapa masalah kemacetan di jakarta belum beres2..
Dengan kondisi icon transportasi di jakarta seperti ini, yah orang2 lebih milih naik kendaraan pribadi..
Udah lama nunggunya, petugasnya galak2, pas udah naik ga nyaman banget.. udah, fix.. mendingan bawa mobil atau motor sendiri..

Yaah.. emang ada alternatif moda transportasi yang lain kayak kereta, kopaja dan teman-temannya.. Kalo kereta, ga semua jalan dilewatin trayek kereta (kalo rumah gw dilewatin trayek kereta mah mending gw naik kereta, lebih cepet) trus angkot, kopaja dan kawan2nya haduuuh.. jujur yah.. Kalo liat moda2 transportasi ini kadang suka miris..
Yaah.. transportasi buat ngangkut orang tapi lebih mirip transportasi buat ngangkut hewan #sorysorynihyah

Naah.. makin banyak yang pake kendaraan pribadi berarti volume kendaraan yang akan lewat bakal makin banyak.. trus jalanan yang akan dilewatin gedenya segitu-gitu aja..
Jumlah trafik kendaraan yang lewat lebih besar dari jalanan yaudahlah.. wassalam.. pastinya bakal macet.. cara mengurangi macet ada dua cara, yang pertama jalanannya dilebarkan.. ini kayaknya hampir mustahil yah.. karna jalanan jakarta udah penuh bgt, yah.. kecuali ditambahinnya ke atas..
Yang kedua, mengurangi jumlah trafik kendaraan yang lewat.. naah.. ini yang paling masuk akal yang bisa diperbuat.

Kayaknya ga adil yah kalo gw cuman berkoar-koar protes tapi gw ga ngasi solusi (yaelah.. sok bgt ngasi solusi) yaaah.. setidaknya mencoba membantu memberikan jalan keluarnya.. #asek

1. Menambah jumlah armada transjakarta
Menurut gw ini hal yang paling vital.. jumlah koridor yang disediakan tidak sebanding dengan jumlah armada yang diturunkan.. yang terjadi malah adanya penumpukan penumpang di shelter..
Kalo ga salah akhir tahun 2014 kan pemerintah udah pada beli armada2 baru transjakarta.. mbok yo dimanfaatkan..
Koridor-koridor yang padat penumpang kayak kp rambutan-kp melayu, ancol, grogol/pluit, senen ditambah lagi armadanya jadi ga ada penumpukan penumpang trus jarak dari satu bis ke bis yang lain ga gitu jauh..
Apalagi kalo bis nya baru.. hmmm.. tipikal orang2 jakarta tuh semangat banget nyoba sesuatu yang masih baru.. beeh.. dijamin 6 bulan pertama orang2 pada pindah naik transjakarta karna pengen nyoba naik bis yang baru (in syaa Allah)

2. Peremajaan armada transjakarta yang lama
Ini penting juga niii.. coba dah naik transjakarta rute ke arah ragunan.. miris bgt.. pas jalan bunyi "tek kretek kretek" berasa naik kopaja aja..
Armada-armada yang udah ga layak utk dinaikkin dipensiunin aja.. diganti dengan armada-armada yang baru.. pengecekan kondisi bis transjakarta dilakukan rutin 3bulan sekali.. kan serem juga kalo kondisi bis nya lagi ga fit ntar pas digunain kenapa2 lagi.. astagfirullah jangan sampe..

3. Pelatihan para petugas transjakarta
Kalo nginep di hotel atau makan di restoran mahal yang dinilai itu pelayanannya.. hotel bisa punya bintang-bintang itu karena pelayanannya yang memuaskan..
Nahh.. coba kalo merekrut petugas baru ditraining nya "lebih serius"
Mereka dilatih 5S nya (senyum, salam, sapa, sopan santun) diberikan contoh kasus kalo ada hal2 yang terjadi di dlam bis apa yang harus dilakukan..
Yaah.. I know no body perfect.. but, at least mereka mencoba utk berubah jadi lebih baik..

Karena nasi telah menjadi bubur, biar ga terlalu kecewa banget.. mending tuh bubur dikasih kaldu, kecap, suwiran ayam, bawang goreng, kacang tanah sama kerupuk.. jadii bubur ayam deh (jadi laper gw)
Karena udah tau kendalanya dimana, trus pasti udah mikirkan solusi yang terbaik apa.. yah mulai dicoba dilaksanakan dari sekarang..
Optimalin yang ada dulu, fokus memperbaiki yang udah ada.. jangan terfokus pada sesuatu yang belum ada yang masih butuh waktu lama..

Kayaknya udahan dulu yah.. udah lumayan lega gw udah bisa mengeluarkan pendapat pribadi gw..
Kalo ga suka ga usah dibaca.. ini pendapat gw pribadi di akun pribadi gw.. terserah kalian mau komen apa tentang postingan gw.. ini negara bebas berpendapat, tapi dalam berpendapat juga harus tau etikanya..

Tenang aja.. gw ga akan buly kalian yg komen negatif, gw akan bikin tim untuk pantau dan menghina kalian di sosial media (pede banget gw, kayak ada aja yang bakal komen)

Hppftt.. sekarang udah jam 9.33 tapi gw masih belum nyampe kantor juga.. dan gw juga ga tau bakal nyampe kantor jam brp...

Hpppfttt... jakarta.. jakarta.. I love you so but also hate you..



Salam satu jiwa..

0 komentar:

Posting Komentar

@cindhinouvie | 2009. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / A Whole My World

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger