Aplikasi Pengamanan LCD Projector menggunakan Infrared dan SMS Gateway

Pengalaman aq slama ngerjain TA kmaren,, butuh banyak bgt referensi, tapi pas googling, dptny cuman sdkit bgt..

di sini aq mau berbagi ke siapapun yg lagi ngerjain TA nya..
Tapi jgn ngejiplak bgt looh.. aq sii orgnya woles, ga bkal aq tuntut.. tapi, akan ada pelindung aq yang bakal nuntut klian di Daarul Jaza (negeri pembalasan) nanti, (wiihhh serem beneer.. hahaha) becanda,,

smoga bermanfaat..



Aplikasi pengamanan LCD Projector menggunakan Infrared dan sms gateway


1. Pendahuluan
a. Latar Belakang
Seiring dengan teknologi yang berkembang saat ini, pemakaian Liquid Crystal Display (LCD) Projector pada kegiatan perkuliahan sudah sangat umum dan diperlukan dalam menunjang proses belajar mengajar. Sebagai contohnya adalah di setiap ruang kelas Gedung D lantai 3 telah dipasang LCD Projector secara permanen.
Keuntungan dari pemasangan LCD Projector secara permanen adalah agar kegiatan perkuliahan tidak terganggu dengan proses peminjaman LCD Projector yang sering dilakukan sehingga, mahasiswa dan dosen dapat berkonsentrasi dalam kegiatan belajar mengajar.
Di sisi lain, pemasangan LCD Projector secara permanen mendatangkan kerugian yang salah satunya adalah sulit dalam pengontrolan dan pengawasan LCD di setiap ruang kelas. Tindak pencurian LCD Projector sangat mungkin dilakukan karena proses pengawasan secara manual tidak memungkinkan untuk melakukan pengecekan LCD Projector di tiap-tiap kelas.
Oleh karena itu, untuk memperkecil resiko kehilangan LCD Projector di setiap kelas maka, dibuatlah sebuah Sistem Deteksi Pengamanan LCD Projector pada Ruang Kelas Gedung D Lantai 3 Menggunakan Infrared dan SMS Gateway. Proses sistem pengamanan LCD Projector pada ruang kelas gedung D lantai 3 ini adalah terpusat. Dalam sentral tersebut terdapat Display LCD untuk menampilkan nomor ruangan yang terjadi pencurian, alarm sebagai penanda, dan modul gsm untuk memberikan SMS Gateway kepada nomor yang telah disimpan sebelumnya (petugas).

b. Tujuan
Tugas akhir ini bertujuan untuk :
1. Sebagai pengamanan LCD Projector yang terpusat dan dapat memantau 3 ruang kelas sekaligus.
2. Sebagai pengamanan LCD Projector secara otomatis sehingga dapat memperkecil resiko kehilangan LCD di setiap kelas.

2. Perumusan dan Metode Penyelesaian Masalah
a. Perumusan Masalah
Permasalahan yang ditangani dalam pembuatan Sistem Deteksi Pengamanan LCD Projector dengan Menggunakan Infrared dan SMS Gateway yaitu :
1. Bagaimana memberikan informasi yang akurat kepada petugas ketika terjadi tindak pencurian dengan tanda bunyi alarm dan SMS Gateway.
2. Menampilkan nomor ruangan yang telah terjadi tindak pencurian dimana nomor ruangan tersebut telah ditentukan sebelumnya serta sms yang akan dikirim kepada petugas.

b. Metode Penyelesaian Masalah
Metode yang digunakan yaitu:
1. Metode kepustakaan, yaitu mencari dan mempelajari buku – buku dan sumber informasi dari internet yang digunakan sebagai bahan referensi yang berhubungan dengan permasalahan yang dihadapi.
2. Metode percobaan, yaitu menguji peralatan yang telah dibuat dengan memadukan unsur referensi – referensi yang diperoleh dari metode kepustakaan.
3. Metode konsultasi, yaitu meminta pendapat, saran dan kritik kepada pembimbing atau orang yang berkompeten dalam pelaksanaan tugas akhir ini.

3. Tinjauan Pustaka
3.1 LCD Projector
Liquid Crystal Display (LCD) Projector adalah perangkat alat bantu yang sering digunakan untuk media presentasi, karena mampu menampilkan gambar dengan ukuran besar.

3.2 Sensor Infrared
Infra merah atau infrared adalah suatu cahaya yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia, tapi jika dilihat dengan spektroskop cahaya atau radiasi infra merah akan tampak pada spektrum elektromagnet dengan panjang gelombang diatas gelombang cahaya merah. Media infra merah ini dapat digunakan baik untuk kontrol aplikasi atau transmisi data.
Penggunaan infra merah biasanya digunakan pada remote control televisi, VCD atau bahkan pada remote control AC. Penggunaan infra merah pada PC dan handphone digunakan sebagai media untuk mentransfer data. Pada dasarnya komponen yang menghasilkan panas juga menghasilkan radiasi infra merah termasuk tubuh manusia maupun tubuh binatang. Cahaya infra merah yang mempunyai panjang gelombang yang sangat panjang tetapi tidak dapat menembus bahan–bahan yang tidak dapat melewatkan cahaya yang nampak, artinya cahaya infra merah tetap mempunyai karakteristik seperti halnya cahaya yang dapat dilihat oleh mata manusia.
nilai masukan analognya atau sinyal yang akan diubah.

3.3 Mikrokontroler
Mikrokontroler adalah sebuah mikroprosesor yang telah dilengkapi komponen-komponen pendukung secara internal seperti : ROM, RAM, PIO, ADC/DAC, dll yang membentuk sebuah mikro komputer tunggal dan dikemas dalam satu chip IC bentuk kepadatan LSI sampai SLSI. Kelebihan utama dari Mikrokontroler ialah telah tersedianya RAM dan peralatan I/O Pendukung sehingga ukuran board mikrokontroler menjadi sangat ringkas. Diantaranya yang terkenal ialah dari Intel, Maxim, Motorolla, dan ATMEL. Beberapa seri mikrokontroler yang digunakan secara luas ialah 8031, 68HC11, 6502, 2051 dan 89S51. Mikrokontroler yang mendukung jaringan komputer seperti DS80C400 tampaknya akan menjadi primadona pada tahun-tahun mendatang.

3.4 Display LCD
Display LCD adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menampilkan huruf, angka atau simbol-simbol tertentu. Tipe LCD yang sering digunakan adalah LCD 16 x 2 (16 kolom 2 baris) dan LCD 20 x 2 (20 kolom 2 baris). Dalam pengoperasian LCD ada tiga buah line control, yaitu line EN, line RS, dan line RW. Jika LCD diperasikan sebagai mode 4 bit, maka diperlukan 7 buah line (3 line control dan 4 data bus). Sedangkan jika dioperasikan sebagai 8 mode bit diperlukan 11 buah line (3 line control dan 8 data bus).

3.5 Alarm
Alarm secara umum dapat didefinisikan sebagai bunyi peringatan atau pemberitahuan. Dalam istilah jaringan, alarm dapat juga didefinisikan sebagai pesan berisi pemberitahuan ketika terjadi penurunan atau kegagalan dalam penyampaian sinyal komunikasi data ataupun ada peralatan yang mengalami kerusakan (penurunan kinerja). Pesan ini digunakan untuk memperingatkan operator atau administrator mengenai adanya masalah (bahaya) pada jaringan. Alarm memberikan tanda bahaya berupa sinyal, bunyi, ataupun sinar.

3.6 SMS Gateway
Salah satu mode komunikasi yang handal saat ini adalah pesan pendek short messaging system (SMS). Implikasinya, salah satu model komunikasi data yang bisa dipakai adalah SMS. Artinya, SMS tersebut harus bisa melakukan transaksi dengan database. Untuk itu perlu dibangun sebuah sistem yang disebut sebagai SMS Gateway. Pada prinsipnya, SMS Gateway adalah sebuah perangkat lunak yang menggunakan bantuan komputer dan memanfaatkan teknologi seluler yang diintegrasikan guna mendistribusikan pesan-pesan yang di-generate lewat sistem informasi melalui media SMS yang di-handle oleh jaringan seluler.

4. Alat Tugas Akhir
a. Deskripsi Alat
Nama Alat : Sistem Deteksi Pengamanan LCD Projector pada Ruang Kelas Gedung D Lantai 3 Menggunakan Infrared dan SMS Gateway
Fungsi : Sebagai pengamanan LCD Projector secara otomatis sehingga dapat memperkecil resiko kehilangan LCD di setiap kelas

b. Diagram Blok dan Cara Kerja
Berikut ini adalah gambar diagram blok dari Sistem Deteksi Pengamanan LCD Projector Menggunakan Infrared dan SMS Gateway.


Prinsip Cara kerja :
Infrared transmitter mengirimkan sensornya dan diterima oleh infrared receiver (jika tidak ada yang menghalangi). Apabila terdapat halangan di salah satu infrared transmitter tersebut, maka sensor tersebut akan bernilai “1”. Karena bentuk output yang dihasilkan dari infrared berupa gelombang analog maka, gelombang tersebut harus diubah menjadi digital dengan menggunakan ADC (Analog to Digital Converter).
Kemudian, output dari ADC akan masuk ke mikrokontroler lalu akan masuk ke penerima. Penerima ini terdiri atas, Display LCD yang berfungsi untuk menampilkan nomor ruangan yang telah ditentukan sebelumnya dari ketiga ruangan yang telah dipasangi deteksi pengamanan LCD Projector, terdapat alarm dan handphone sebagai pengirim SMS Gateway kepada petugas yang menggunakan RS 232. Pada mikrokontroler akan mengaktifkan alarm, menampilkan pada display LCD ruangan manakah yang telah terjadi pencurian dan mengaktifkan handphone. Kemudian, handphone yang telah diprogram akan mengirimkan SMS Gateway kepada petugas.
Apabila gangguan terdapat di lebih dari satu ruangan maka, display LCD akan menampilkan ketiga ruangan yang terdapat tindak pencurian atau gangguan.

0 komentar:

Posting Komentar

@cindhinouvie | 2009. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / A Whole My World

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger